Regulasi Mechanical Oto Contest 2015

KETENTUAN UMUM
1. Terbuka untuk umum, perseorangan ataupun klub yang tercatat di JAWA dan Bali. Kecuali khusus untuk kelas Street Racing se karisidenan Besuki wajib tercatat pada STNK berplat nomor depan P..
2. Penilaian lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni showbike.
3. Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB).
4. Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi dalam situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan motornya.
5. Pada saat lomba, semua motor yang terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutak-atik, dibawa keluar area penjurian atau dibawa pulang, kecuali terjadi force majeure.
6. Peserta “dilarang keras menyalakan/menghidupkan mesin” motor selama lomba. Kecuali untuk test jalan/scrutineering, pemotretan dan oto-challenge.
7. Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.
8. Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan barang-barang psikotropika.
9. Dilarang merokok dan wajib menjaga ketertiban serta kebersihan arena kontes.
10. Peserta wajib ikut technical meeting yang ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.
11. Baik yang hadir dan/atau tidak technical meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan juri.
12. Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.
13. Dewan juri tidak ada hubungannya dengan rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal untuk peserta selama kontes berlangsung.

KELAS YANG DILOMBAKAN
1. PEMULA BEBAS
2. MOTHAI
3. JAP /RETRO MODIFIKASI
4. STREET RACING BESUKI
5.STREET RACING UMUM

HADIAH LOMBA
Juara 1: Uang Pembinaan Rp……ribu+Piala
Juara 2: Uang Pembinaan Rp…….ribu+Piala
Juara 3: Uang Pembinaan Rp……ribu+Piala

REGULASI PER KELAS

KELAS PEMULA BEBAS
1. Kelas modif kreasi modifikator pemula, baik tipe bebek, bebek matic, matic dan sport yang dimodif.
2. Bodi, kaki, dan mesin tidak boleh dikrom custom, candytone, cat krom atau poles. Kecuali aksesoris standart pabrikan. Maks bodi standart motor + aksesoris variasi toko.
3. Diharuskan ada speedometer, headlamp, signlamp dan stoplamp. Dianjurkan part standartnya. Lampu dan kedok depan boleh dicustom fiber minimalis, tidak boleh berlebihan. Tapi tidak boleh ganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol. Ganti kedok variasi diperbolehkan, asal sesuai spesifikasi merek motor standar aslinya dan wajib dipasang lampu.
4. Bodi boleh diganti warna tampilan polos atau efek minimalis. Cat bunglon, mutiara, hologram, glitter, xyralic, efek-efek diperbolehkan, kecuali: two tone,Tri kolore, ghost flame, motif Hot wheel, dub city, tidak diperbolehkan.
6. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker/pinstrip/digital print dan dianjurkan tidak berlebihan. Body fully cutting stiker, fully digital printing & two tone blok tidak diperbolehkan.
7. Airbrush total, krom bodi, cat krom, krom yang dicandy tone “Tidak diperbolehkan”.
8. Mencoak bodi diperbolehkan sepanjang tidak frontal, hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
9. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar, giga disc, Buell disc asesoris toko, pelek variasi dan “tidak boleh dikrom ataupun dipoles!”.
10. Modifikasi kaki jadi monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok. ( Jupiter MX, Tiger New, Satria FU dll )
11. Pengereman dibatasi ; maksimal single cakram depan & belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan. “Tidak boleh dikrom atupun dipoles!”
12. Pelek – tromol diutamakan diganti variasi. “Tidak boleh dikrom, CNC ataupun dipoles” kecuali merk variasi tertentu semisal Evo dan kipas yang memang sudah diproses poles dari pabriknya.
13. Untuk matic tidak diperbolehkan memakai velg palang non matic R-17, kecuali variasi khusus matic R-17. Pelek model jeruji almu diperbolehkan, bisa memakai ukuran R-17. Ruji tidak boleh dicustom / diplintir dll.
14. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dianjurkan pakai alur / tread, bukan polosan / slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
15. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai / cvt belt ).
16. Orbital, gardan, transfer system baru, monosok custom/hand made, cantilever, swingarm custom, V-belt dan Timing belt, monoarm, “tidak diperbolehkan”
17. Asesoris serba multi tidak diperbolehkan, dibatasi : satu stabiliser, satu oil cooler, satu tachometer dan sepasang gauge meter. Variasi / pernak-pernik mobil/custom, contohnya: filter bensin, sekring audio, towing bar, hod pin kit, dll dan tidak boleh berlebihan.
18. Kalter, blok mesin, swingarm, sok depan-belakang, kaliper, piringan cakram, adaptor kaliper, dan tangki “tidak boleh dikrom atau poles! Kecuali produk variasi.”
19. Pijakan kaki/footpegs, batang footpegs, standar motor, behel, starter kick tidak boleh dikrom/poles, kecuali dari standarnya.
20. Finishing detail : “teknik laminasi paper model karbon dan sejenisnya” tidak diperbolehkan, kecuali dilapis stiker atau dicat dengan matras kasa.
21. Braket aklirik custom, engsel almari dilarang. Knalpot bisa diganti variasi, kecuali custom made dilarang.
22. Baut-baut dan ring bisa diganti variasi atau Posh asal “Tidak boleh dikrom”. Baut L boleh, tetapi pemanis ring baut monel tidak diperbolehkan.
23. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”

KELAS MOTHAI STYLE
1. Kelas modif untuk motor bebek, sport, matic yang dimodif minim, bergaya modif Thailand Style.
2. Model/style bebas, termasuk daily use style atau daily street racing minimalis.
3. Maksimal “bodi masih orsi motor” dengan pemasangan aksesoris variasi toko.
4. Transfer body / kawin silang “body part” dengan varian lain tidak diperbolehkan.
5. Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom, diganti kedok merek dan jenis lain atau style trondol dan wajib dipasang lampu. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang spion dan platnom.
6. Dilarang mengcustom/bor/coak atau memotong body, maksimal diperbolehkan melepas part/sub body (90 persen body utuh)
7. Cat ulang diperbolehkan, warna polosan tanpa grafis, boleh beda warna per sub-body. Two/ three tone, asal tidak dalam satu bidang body, Stiker (grafis minimalis, cutting sticker, digital print, logo) diperbolehkan, diutamakan konsep Thailand.
8. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus variasi toko / plug and play dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus menggunakan CVT tertutup (tanpa lubang)
9. Aplikasi pengereman maksimal single disc dpn dan single disc belakang sebelah kanan.
10. Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.
11. Harus menggunakan pelek dan ban sepeda motor. Pemakaian pelek custom dari bahan pelek non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.
12. Perubahan diameter roda diperbolehkan, namun harus memakai ban non slick, baik standar pabrik/variasi. Tanpa ruji pelintir.
13. Aplikasi monel, emblem, swarovsky tidak diperbolehkan.

KELAS JAPS’ STYLE / RETRO MODIFY
1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis / type motor bebek, sport matic, yang sudah mengalami perombakan dari standarnya dengan konsep modif Retro dan Jap’s Style.
2. Konsep dan desain harus jelas. Bisa mengaplikasi body custom made berbahan fiber glass/plat.
3. Gaya yang dianut aliran Jap’s Style, brat style, tracker, bobber, café racer, old school, scrambler.
4. Diperuntukan bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis sempurna, terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif dan komposisi/keserasian model Jap’s Style / retronya diutamakan.
5. Harus menggunakan rangka/chasis motor bukan handmade total, dimana minimal mempertahankan main frame, namun sub frame boleh dikonstruksi atau dibuat ulang standar, namun sub frame boleh dikonstruksi atau dibuat ulang.
6. Kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, single sided arm & fork serta penggerak system baru tidak diperbolehkan, penggerak/gardan custom haram, tetapi gardan eks. standar motor besar bisa digunakan.
7. Boleh mengaplikasi pelek handmade selama konstruksinya konvensional, diperbolehkan
menggunakan ban eks. mobil selama mendukung konsep Jap’s Stylenya, diperkenankan
menggunakan unit cakram konvensional maksimal 2 lingkar sisi depan dan 2 lingkar sisi belakang dengan satu kaliper di setiap piringan cakramnya (Buell dan BIB diperbolehkan). Khusus penggerak drive belt dan timing belt diperbolehkan.
8. Mengutamakan modifikasi dari kaum Jap’s Styler / Retrois yang unik dan estetik, terutama dari segi konsep/desain dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan).
9. Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas, cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi, trouble shooting, tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.

KELAS STREET RACING (BESUKI)
1. Kelas motor bebek/sport /matic yang dimodif aliran racing harian/racing funky, model racing minimalis beraliran mothai dll untuk semua motor berSTNK dan berplat nomor di Karisidenan Besuki.
2. STNK, plat nomor, no rangka dan mesin wajib sama dan tertera beralamat di karisidenan Besuki. Panitia berhak mencek keabsahan motor peserta saat scrutinering motor masuk, jika menolak panitia berhak mendiskualifikasi peserta. Peserta dengan KTP Besuki namun STNK motor beralamat di luar Karisidenan Besuki wajib masuk di kelas umum. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
3. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan. Motor ber-mix&match tidak jaminan poin tinggi (tidak dihitung), dianjurkan bodi standar.
4. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
5. Finishing maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), krom rangka diperbolehkan.
6. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body, namun tidak frontal.
7. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.
8. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
9. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
10. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.

KELAS STREET RACING UMUM
1. Kelas motor bebek/sport/matic yang dimodif aliran racing harian/ racing funky, model racing minimalis beraliran mothai dll untuk semua motor berSTNK dan berplat nomor di luar Karisidenan Besuki.
2. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.
3. Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan. Motor ber-mix&match tidak jaminan poin tinggi (tidak dihitung), dianjurkan bodi standar.
4. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek).
5. Finishing maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), krom rangka diperbolehkan.
6. Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body, namun tidak frontal.
7. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil haram!
8. Pemakaian pelek jeruji minim wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan.
9. Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar